Eka Ardianto

Jumat, 31 Mei 2013

Menteri Kominfo Resmikan Jaringan Pita Lebar Palapa Ring Di Maluku Utara

Selasa, 28 Mei 2013 7:17 pm | andr010 | Berita Kementerian

Ternate, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring meresmikan groundbreaking pembangunan jaringan fiber optic broadband atau pita lebar Palapa Ring Sulawesi-Maluku-Papua di kantor PT Telkom Ternate.

Proyek ini akan membuka akses internet dengan kecepatan hingga 10 megabyte  per detik dan jika dimanfaatkan secara positif akan meningkatkan daya saing Indonesia di percaturan dunia global.

"Kita adalah anak cucu Majapahit  tengah mewujudkan mimpi Gajah Mada yang pernah mengucap sumpah Palapa untuk menyatukan Nusantara ini," kata MenkominfoTifatul Sembiring,Selasa (28/5).

Menurut Tifatul, pembangunan Palapa Ring Sulawesi-Maluku-Papua ini akan menjadi tonggak sejarah bagi kemajuan bangsa. "Ini bagaikan sinar mentari yang akan menerangi kawasan Indonesia timur karena masyarakat akan memperoleh fasilitas akses internet dengan kecepatan tinggi."

Tifatul menjelaskan, Palapa Ring ini adalah pembangunan jaringan serat optik dan telah menyambungkan pulau-pulau besar lainnya di Indonesia yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Jaringan ini dikenal juga dengan istilah Pita Lebar. Mulai hari ini akan disambungkan ke Maluku dan Papua yang diharapkan selesai dalam 18 bulan ke depan.

Untuk tahap SMPCS (Sulawesi Papua Cable System) ini  memakan biaya lebih kurang dua triliun Rupiah yang sepenuhnya dikerjakan PT Telkom Indonesia. "Ini adalah bagian dari implementasi Masterplan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia termasuk konektivitas Koridor 6," ujarnya.

Proyek prestisius ini telah dicanangkan Presiden SBY di Forum Indonesia Summit November 2009 dalam istilah "Indonesia Tersambung" baik secara infrastruktur jalan, jembatan, transportasi serta komunikasi dan informasi.

Menteri Kominfo Tifatul juga mengatakan, jaringan broadband ini akan berdampak luas pada sektor ekonomi,pariwisata, pendidikan, kesehatan, politik, sosial dan lain-lain. "Pembangunan Proyek Palapa Ring ini akan memperkecil kesenjangan antara kawasan Indonesia Bagian Barat dengan Indonesia Bagian Timur," katanya. (Rmg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar